Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

7 Cara Bertahan Hidup di Gunung Saat Tersesat #4

7 Cara Bertahan Hidup di Gunung Saat Tersesat

Hallo cuy! Udah senin aja nih waktunya kerjalagi, males sih. Tapi kalo gak kerja mau makan apa hehehe. Weekend kemarin pada kemana nih, pasti pada liburan yak. Kalo gue sih esok-esok tekan awan micekan sore-sore mangan tempe, loh malah nyanyi wkwwk. Bangun siang, rebahan, ngegame, yotubean, bener-bener kayak di surga tanpa mati dah hehe.

Ngomong-ngomong youtubean yak, kenapa beranda YT gue isinya cerita mistis pendakian. Yah banyak yang tersesat, hilang, bahkan meninggal. Dan dari semua kejadian itu, rata-rata kontennya nyalahhin makhluk halus. Kan kasihan makhluk halusnya, kalau kejadian itu karna kesalahan manusianya. Dan minimnya pengetahuan manusianya tentang bertahan hidup di alam liar.

Ya emang tak bisa dipungkiri kalau di gunung emang tempatnya makhluk halus, tapi kalo si pendakinya mengetahui cara bertahan hidup di alam liar seenggaknya meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan. Dan berikut ini gue kasih 7 cara bertahan hidup di gunung ketika lo tersesat:

1. Berhenti dan Berfikir

Ketika lo terpisah dari rombongan atau tersesat, Berhenti dulu istirahat sejenak. Di waktu inilah pilihan dan pemikiran lo sangat penting bagi perjalanan lo selanjutnya. Kalau emang dirasa sudah asing terhadapat jalur yang dilewati, segera putuskan mau kembali atau lanjut. Karna bisanya kalau sudah jauh berjalan akan merasa nanggung mau kembali, sedangkan lanjut belum tentu lo tau arahnya. Pemikiran yang jernih dan keputusan lo sangat penting, dan jangan pernah panik.

2. Mencari Persediaan Air

Jika emang lo dah terlanjur tersesat dan dirasa perjalanan lo masih panjang, hal pertama yang harus lo lakukan adalah mencari persediaan air. Kalu tersesatnya deket sungai sih enak, senggaknya 30 persen beban loh dah teratasi. Kalau jauh dari sungai lo bisa menampung air hujan, mencari di genangan, celah batu, pepohonan, atau akar-akaran. Kalu lo ingin mendapat kualitas air yang bagus, lo bisa melakukan proses kondensasi. Giamana caranya? cari do google dulu yak, kalau enggak lo bisa komen dan di post selanjutnya gue bakal kasih tau caranya.

3. Mencari Makanan

Untuk menerusakan perjalanan lo gak hanya butuh minum doang, tapi juga membutuhkan makanan. Daripada memburu hewan yang bakal menghabiskan tenaga lumayan, serta pengolahannya yang lumayan ribet. Gue saranin lo bisa cari makanan dari tumbuh-tumbuhan, misalnya buah murbei, daun semanggi, atau daun lainnya yang tidak beracun. Untuk mengetahui beracun atau tidak, cara simpelnya lo bisa menggosokkan daun atau buah ke tangan lo. Jika tangan lo gatal sudah dipastikan beracun.

4. Tujuan

Saat tersesat jangan pernah panik, lo harus menentukan tujuan yang tepat. Lo mau lanjut, istirahat, atau mencari persediaan lagi. Lo bisa menggunakan matahari sebagai patokan arah. Jejak kaki hewan untuk mencari sumber air atau tempat lapang untuk beristirahat.

5. Tempat Istirahat

Cari tempat istirahat yang rata dan kering, agar istirahat agak nyaman meski tak senyaman di rumah wkwkwk. Lo bisa membuat bivak dengan memanfaatkan kayu dan tumbuh-tumbuhan, kalao lo bawa tenda atau flysheet sih lebih enak gak perlu bivak. Jangan lupa mencari kayu untuk membuat perapian, agar hewan tidak mendekat dan untuk menghangatkan tubuh lo.

6. Jangan Putus Asa

Jangan pernah panik, terus berusaha mencari jalan agar tim penyelamat bisa menemukan lo. Dengan menggunakan patkan arah yang tepat kamu bisa saja menemukan jalan umum atau pedesaan. Oh iya kalau ketemu orang, sapa baik-baik dan jelaskan keadaan lo. Pernah sih temen gue tersesat di salah satu gunung di JATENG selama 4 harian, terus nemuin desa. Mau kerumah penduduk karena tampilannya yang lusuh, dianggep penduduk orang gila dan diusir. Tapi akhire temen gue ada yang nolong sih.

7. Berdo’a

Di masa-masa inilah hidup lo ditentukan, akan pulang kerumah ibu apa kerumah tuhan. Jadi kalau kelakuan lo sebelumnya gak karu-karuan kayak gue, bertobatlah nak wkwkwk. Teruslah berdo’a meminta keselamatan kepada tuhan. Tapi ya kalau abis itu selamat jangan ninggalin ibadah yak wkwkwk.
Itu 7 Cara Bertahan Hidup di Gunung Saat tersesat, semoga berguna bagi lo semua. Dan jangan sekali-kali mendaki gunug tanpa pengetahuan dasar terhadap gungung itu, dan bekal yang cukup. Tetap jaga keselamatan , salam lestari dan ayo Makryo!

Leave a Reply